Senin, 07 Januari 2013

TOPOLOGI JARINGAN KOMPUTER







                                                    Tugas 7 Topologi Jaringan Komputer
Judul Buku 
Instalasi dan Konfigurasi Jaringan Komputer

Ass. pertemuan yang kese10 ini pak ade memberikan tugas untuk mengeklporitasi buku tentang topologi jaringan. maka saya akan memulai dengan bissmilahirohmanirohim.

TOPOLOGI JARINGAN KOMPUTER
Pengertian Topologi itu sendiri adalah pengaturan antara hubungan atau konfigurasi dari node-node disuatu network. Istialah node adalah titik yang dapat menerima input data ke dalam network, atau masing-masing hasilkan output informasi, ataupun keduanya. Istilah Network adalah jaringan kerja, yaitu suatu  set perangkat keras dan lunak suatu sistem yang memiliki suatu aturan tertentu yang mengatur seluruh aktifitas dan prilaku anggota-anggotanya dalam suatu aktifitasnya.
Pengertian Jaringan Komputer itu sendiri pada dasarnya adalah jarignan kabel. menghubungkan satu sisi dengan sisi yang lain atau gabungan teknologi komputer dan teknologi komunikasi 
Maka dapat disimpulkan bahwa Topologi Jaringan Komputer adalah pengaturan antara jaringan kabel, atau tanpa kabel yang dihubungan antara gabungan teknologi komputer dan teknologi komunikasi yang terhubung dalam suatu jaringan.

Berdasarkan fungsinya ada dua macam topologi jaringan :
Topologi Fisik 
Topologi Logik

saya akan menjelaskan tentang apa itu topologi fisik saja?
topologi jaringan fisik adalah cara yang digunakan untuk menghubungkan workstasion-workstasion (komputer-komputer) di dalam LAN ( Local Area Network ).
Adapun Jenis-jenis Topologi fisik ada beberapa yang saya ketahui diantaranya 
  1. Topologi Bus atau Linier
topologi bus ini merupakan topologi yang banyak digunakan menggunakan kabel Coaxial, serta menggunakan T-Coonector (dengan terminatornya mencapai 50 ohm pada ujung kabel) biar lebih jelas nich gambarnya di bawah ini :

kemudain harga 1 roll (305 Meter) kabel jenis koaxial commscope RG 6 SAT660BV senilai 625.000 dapat dilihat gambarnya di bawah ini :
Commscope RG 6 SAT660BV
Adapun membutuhkan BNC network Card (kartu jaringan untuk jenis topologi bus) biar lebih jelasnya kita lihat gambar di bawah ini :

Adapun Untuk harga BNC NIC  sekitar 150.000

Adapun topologi ini memiliki karakteristik atau ciri khas diantaranya
  • Merupakan satu kabel yang kedua ujungnya ditutup dimana sepanjang kabel terdapat node-node atau sebuah titik yang menerima input data ke dalam network.
  • Paling sederhana dalam instalasi pembuatan topologi busnya
  • Signal melewati 2 arah sehingga memungkinkan terjadinya collision ( tabrakan data )
  • Masalah terbesarnya pada topologi bus ini jika salah satu kabel terputus maka jaringan yang lain akan terputus juga atau berhenti tidak koneksi dan harus selalu tertutup agar koneksi jaringannya lancar
  • Kemudian Jalur transmisi dimana sinyal diterima dikirimkan pada setiap alat/device yang tersambung pada satu kabel lurus, signalnya hanya akan ditankap oleh alat yang dituju sedangkan alat lainnya akan mengabaikan signal tersebut.
biar lebih jelas lagi kita lihat gambarnya topologi bus di bawah ini :



2.  Topologi Ring
Topologi ini unik menurut saya karena bentuknya  menyerupai ring atau melingkar topologi ini memanfaatkan kurfa tertutup, artinya informasi atau data serta traffic disalurkan sedemikia rupa sehingga sampai ke masing-masing node. Umumnya fasilitas topologi ring ini menggunakan kabel fiber optic namun karena harganya yang mahal bisa juga menggunakan kabel UTP.
Biar lebih jelas ada gambarnya di bawah ini beberapa jenis kabel Fiber Optic 

dan Harganyapun 1 meter seharga 2.5$ sekitar 20.000 rupaiah.

Adapun Karakteristik padaTopologi Ring ini diantaranya :
  • Lingkaran tertutup pada titik data atau node
  • Sederhana dalam layoutnya yang berbentuk melingkar
  • Singnal mengalir dalam 1 arah sehingga menghindari tabrakan data (collision), sehingga data dapat lebih cepat dan deteksi data  yang lebih sederhana
  • Masalah yang sama pada topologi ring ini sama seperti topologi bus jika satu koneksi terputus maka koneksi yang lain tidak terhubung atau berhenti
  • Biasanya topologi ring tidak dibuat secara fisik melainkan dengan sebuah constrator dan terlihat seperti topologi star
Biar lebih jelasnya kita lihat gambarnya di bawah ini :


3.  Topologi Star
Dilihat dari namanya Star yaitu bintang berarti jaringan netorknya seperti bintang. Topologi ini paling umum digunakan oleh banyak orang di berbagai tempat, karena kemudahan untuk menambah dan mengurangi serta mudah untuk mendeteksi  kerusakan pada system jaringan yang ada. permasalahannya pada topologi ini ribetnya karena banyaknya penggunaan kabel dan terhubung dalam suatu perlengkapan lain consentrator atau alat penghubung seperti hub atau switch biar lebih jelasnya kita lihat gambar switch di bawah ini :
Harga sitch ini dengan 8 Port seperti yang saya beli untuk membanun warnet merek tplink seharga 160.000 di toko komputer
 adapun juga menggunakan kabel UTP dan Konector RJ 45 untuk membangun topologi star biar lebih jelasnya kita lihat gambar lagi di bawah ini :

harga permeternya dengan pengalaman saya beli di toko komputer seharga 1.500 permeter
kemudian nich konector RJ 45 gambarnya di bawah ini :
Harga per konector RJ 45 yang lumayan bagus 2.000 rupaiah.


adapun untuk menghubung urutan kabelnya dan jenisnya straight atau pun jenis lurus anatara kabel + konector terhubung ini lah urutannya sama dengan ujung satunya :


putih orange 
orange
Putih Hijau
Biru 
Putih Biru
Hijau 
Putih Coklat
Coklat


dan di rekatkan menggunakan Tang Crimping seperti gambar di bawah ini :


 
dan untuk mengetes hasilnya menggunakan tester sepeti gambar di bawah ini :
Untuk membangun  topologi star dibutuhkan juga kartu jaringan ethernet card atau LAN card biar lebih jelasnya kita lihat gambar di bawah ini :
Adapun harganya 50.000 rupiah 1 Lan Card.


maka dengan alat-alat ini perangkat2 untuk membuat jaringan topologi star adapaun rincian yang pernah saya alami untuk membuat warnet dengan 1 server 4 client
biayanaya sebagai berikut
1 PC Server 3 Juta rupiah
4 PC Client 8 Juta rupiah
Printer ip Canon 1980 500 ribu rupiah
1 switch d-link 8 port  160 ribu rupiah
Kabel UTP 50 Meter 50 x 1.500 = 75.000 rupiah
Konector RJ 45 20 pcs = 20 x 2.000 = 40.000 rupiah
untuk Lan Card tidak saya beli karena di PC sudah onboard Lancarnya
kabel listrik 50 meter 50 x 3.000 =  150.000 rupiah
terminal listrik 6 pcs 6 x 15.000 = 90.000 rupiah
Kayu dan Triplek untuk skat 1 juta Rupiah
Stabilizer untuk menstabilkan aliran listrik biar tidak naek turun 225.000
modem dan seitting speedy oleh telkom 300.000 rupaih
Lain - Lain 100.000 rupiah 


Maka Biaya untuk membuat warnet dengan Topologi Star sekitar 13.300.000 rupiah belum termasuk tempatnya ini hanya peralatannya saja.


Adapun Karakteristiknya untuk topologi star ini diantaranya :

  • Setiap node berkomuniksi langsung dengan central mode, data yang terhubung langsung ke server atau pusatnya dan kembali lagi
  • Mudah untuk dikembangkan karena setiap node hanya memiliki kabel yang terhubung langsung ke cental atau pusat
  • Kelebihannya jika satu koneksi kabel terputus maka koneksi yang lain tidak berpengaruh
  • Menggunakan Kabel UTP yang cukup murah dan terhubung pada satu concentrator  (Hub/ Switcht)
Biar lebih jelas lagi kita lihat gambar di bawah ini :

    
Dari ketiga topologi yang saya jelaskan dapat disimpulkan sebagai berikut
  1. Topologi bus mudah dalam membuat topologi jaringan dan harga masih terjangkau oleh kalangan menengah kemudian kekurangannya yaitu apabila ada salah satu kabel terputus maka koneksi yang lain berhenti.
  2. Topologi ring bentuknya unik yang menyerupai lingkaran dan harganya cukup mahal untuk pembelian kabel fiber optic mamun bisa menggunakan kabel UTP kekurangannya hampir sama dengan topologi bus yaitu apabila koneksi / kabel terputus maka yang lainnya akan terputus juga / berhenti.
  3. Topologi Star mudah untuk di pasang namun terlalu banyak kabel yang harus dibuat namun topologi ini paling poluler di kalangan masyarakat karena kelebihannya walaupun koneksi 1 workstation terputus koneksi yang lain tertap berjalan, serta mudah untuk menambah atau mengurangi perangkat komputer lainnya.
Kemudian saya akan membahas tentang macam-macam prangkat jaringan. penghubung komputer dengan komputer sebagai concentrator diantaranya

  1. Hub, perangkat jaringan ini berpungsi untuk menghubungkan komputer namun hub ini sistemnya pembatasan transfer data yang di bagi-bagi pada setiap komputer tergantung jumlah transfer rate pada hubnya dan hanya bisa dalam 1 class IP address harganya sekitar 100-500 ribu rupiah tergantung berapa banyak port yang ada biar lebih jelas kita lihat gambar di bawah ini :
  2. Switch fungsinya hampir sama dengan hub namun perbedannya pada transfer ratenya yang masing-masing mencapai 100 Mbps seperti terminal listrik harganya beragam tergantung jumlah portnya sekitar 100-700 ribu. biar lebih jelas kita lihat gambar di bawah ini :
  3. Router prangkat ini paling bagus karena bisa menghubungkan antar class IP Adress dari IP adress A sampai C dan transfer ratenya pun besar kita bisa membuatnya dengan komputer bekas minimal pentium 2 dengan sistem oprasi mikrotik router kita bisa membuat router harganya mencapai 1 jutaan. biar lebih jelas kita lihat gambarnya :
  4.  Bridge fungsinya untuk memperkuat sinyal koneksi pada jarigan dan menjembatani pada class ip yang berbeda harganya sekitar 300-500 ribuan, biar lebih jelas kita lihat gambarnya :
  5.  Repeater ini berfungsi untuk menerima sinyal kemudian sinyal tersebut dibagikan dengan memancarkan kembali yang sama kuatnya harganya sekitar 400-700 ribuan, biar lebih jelas kita lihat gambarnya :
 

Dapat disimpukan penggunaan perangkat jaringan yang terbaik yaitu router karena fungsinya yang lengkap dan kita bisa membuat sendiri dengan sistem oprasi mikrotik router.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar