Senin, 07 Januari 2013

Analisis Layanan Voip dan Provider Penyedia Layanan di Indonesia





  Analisis Layanan Voip dan Provider Penyedia Layanan di Indonesia

Sebelum mengerjakan tugas saya akan mengucapkan Bismillahirohmanirohim.

Sebelum ke pokok tugas kita harus mengetahui terlebih dahulu apa itu Voip ?
VOIP merupakan singkatan dari Voice over Internet Protokol yang artinya  sebuah metode baru untuk melakukan pembicaraan media telepon dengan menggunakan data dari pembicaraan melalui media internet yang menggunakan IP (internet Protokol) yang sudah disediakan. Apa Itu Internet Protokol ? biar jelas saya Jelaskan Internet Protokol adalah Lapisan jaringan yang digunakan oleh protokol untuk melakukan pengalamatan routing paket data antar pengguna komputer di jaringan komputer berbasis TCP/IP.
Nah Fasilitas ini bisa digunakan pada jaringan internet maupun jaringan komputer terbatas pada suatu kantor, cabang, Kampus dll (dikenal dengan istilah private network). Private network ini cukup menonjol memanfaatkan fasilitas ini, dan biasanya dengan memanfaatkan jaringan frame relay, dan ATM, yang memiliki rate informasi tetap dan QoS (Quality of Service) yang dibutuhkan untuk hal ini dalam penggunaan Voip.

setalah menggetahui apa itu VOIP maka kita akan bisa menganalisis layanan voip saat ini diantaranya :
  1. Billing Software
  2. Call Back
  3. Call Relay VoIP Solutions
  4. Call Routing VoIP Solutions
  5. Call shop solution
  6. Collaboration
  7. Consultancy Services
  8. Data Conferencing
  9. E1 Bulk Wholeseller
  10. E1/T1
  11. Fax To Fax
  12. Gatekeepering
  13. gsm voip solutions
  14. H.323 Softswitch & CPE
  15. H.323 VoIP Gateway
  16. H.323 Wireless/ GSM VoIP Solutions
  17. Hosted PBX
  18. Hosted VoIP
  19. Installation and Support Services
  20. IP devices
  21. Marketing Services
  22. Matrix
  23. Outsourced Billing
  24. Partnering for Origination and Termination
  25. PC to Phone
  26. Phone To PC
  27. Phone To Phone
  28. Polycom
  29. Project Mangement Services
  30. SIP Softswitch & CPE
  31. Sip Trunking
  32. SIP VoIP Gateway
  33. System Integration
  34. Termination
  35. vFone
  36. Virtual PBX
  37. Voice and Video Conferencing
  38. VoipSwitch
  39. Web Call
wahh lumayan banyak juga yax setelah saya searching di mang google ada sekitar 39 layanan VOIP masa kini. ok biar lebih jelas lagi satu persatu akan saya jelaskan.
  1. Billing Software adalah layanan voip untuk melihat tagihan pada penggunaan pasilitas voip yang ada.
  2. Call Back adalah layanan voip untuk panggilan kembali pada sistem voipnya.
  3. Call Relay VoIP Solutions adalah layanan panggilan untuk menyampaikan solusi jikalau ada suatu masalah atau trouble.
  4. Call Routing VoIP Solutions adalah layanan panggilan yang menujukan rute voipnya untuk mendapatkan solusi
  5. Call shop solution adalah fasilitas layana panggilan untuk membeli atau memesan suatu barang lewat telepon ataupun online
  6. Collaboration adalah kolaborasi layanan dari ketiga call relay sampai call shop
  7. Consultancy Services adalah pelayanan untuk consultasi masalah pada jaringan voip
  8. Data Conferencing adalah layanan voip untuk data konferensi dari penggunan voip di internet
  9. E1 Bulk Wholeseller adalah sebuah pasilitas formula transmisi digital dengan 30 kanal suara dengan masal grosir yang di sediakan oleh penyedia layanan voip
  10. E1/T1 adalah E1 = nama format transmisi digital dengan 30 kanal suara digital dengan kecepatan  2,048 megabyte perdetik sedangkan, T1 = nama format transmisi digital dengan 24 kanal suara digital dengan kecepatan  1,554 megabyte perdetik, ini termasuk standar Eropa dan Indonesia
  11. Fax To Fax adalah layanan faximile ke faximile dalam pengiriman data.
  12. Gatekeepering adalah seseorang yang mengontrol akses ke pengguna layanan, misalnya melalui gerbang kota dan untuk memutuskan pesan disampaikan memalui media masa atau tidak.
  13. gsm voip solutions adalah Global system for mobile communication, teknologi komunikasi seluler yang bersifat digital untuk sebuah solusi pada voip
  14. H.323 Softswitch & CPE adalah rekomendasi dari sektor telekomunikasi standarisasi pada protokol yang menyediakan audio visual sesi komunisai pada jaringan paket, sebuah teknologi komunikasi layanan NGN (next generation network) dan mekanisme transaksi electronic commerce yang dilakukan antar pelanggan.  
  15. H.323 VoIP Gateway  rekomendasi dari sektor telekomunikasi standarisasi pada protokol yang menyediakan audio visual sesi komunisai pada jaringan paket voip seusai pengontrol akses ke jaringan lain.
  16. H.323 Wireless/ GSM VoIP Solutions adalah  rekomendasi dari sektor telekomunikasi standarisasi pada protokol yang menyediakan audio visual sesi komunisai pada jaringan paket jaringan tanpa kabel ataupun solusi penggunaan gsm teknologi telepon seluler.
  17. Hosted PBX adalah layanan telekomunikasi host (PBX = Private branch exchange) utnuk pertukaran cabang pribadi yang kalian pesan pada layanan voip
  18. Hosted VoIP adalah host atau tuan layanan mekanisme untuk pembicaraan voice melalui media internet
  19. Installation and Support Services adalah pemasangan dan layanan pendukung dari Voip
  20. IP devices adalah perangkat untuk penggunaan Internet protokol pada voice 
  21. Marketing Services adalah menyediakan jasa pemasaran
  22. Matrix adalah data yang tersusun dalam bentuk baris dan kolom, dan data-data yang ada saling berkaitan satu dengan lainnya.
  23. Outsourced Billing adalah sumber keluar penaggihan sesuai penggunaan layanan voip. 
  24. Partnering for Origination and Termination adalah bermitra untuk organisasi dan pemutusan suatu masalah.
  25. PC to Phone adalah transfer data dari Personal Computer ke telephone
  26. Phone To PC adalah transfer data dari telephone ke Personal Computer
  27. Phone To Phone adalah transfer data dari telephone ke telephone misalkan menggunaan bluetooth, inframerah dan lainnya
  28. Polycom adalah Sebuah perusahaan multinasional yang memroduksi dan menjual telepresence dan solusi komunikasi suara 
  29. Project Mangement Services adalah jasa manajemen project pada pasilitas yang di tawarkan penyedia layanan voip
  30. SIP Softswitch & CPE adalah SIP (session initation protocol) sebuah jaringan yang digunakan Voip dan telephone serta  sebuah teknologi komunikasi layanan NGN (next generation network) dan mekanisme transaksi electronic commerce yang dilakukan antar pelanggan.
  31. SIP Trunking adalah  SIP (session initation protocol) sebuah jaringan yang digunakan Voip dan telephone serta sebuah konsep dimana suatu sistem komunikasi dapat menyediakan akses jaringan untuk banyak klien dengan berbagai satu set gratis atau frekuensi bukannya meteka menyediakan secara individu ataupun perorangan
  32. SIP VoIP Gateway adalah SIP (session initation protocol) sebuah jaringan yang digunakan Voip dan telephone serta gerbang untuk menuju jaringan internet
  33. System Integration adalah sistem integrasi untuk membawa bersama-sama dari subsistem komponen ke dalam satu sistem
  34. Termination adalah layanan voip pemutusan suatu masalah pada jaringan.
  35. VFone adalah sambungan telephone unggul dengan fitur-fitur canggih seperti internet callaer ID, speaker telephone tanpa menggunakan kabel.
  36. Virtual PBX adalah rekayasa  utnuk pertukaran cabang pribadi yang kalian pesan pada layanan voip
  37. Voice and Video Conferencing adalah layanan konferensi suara dan video 
  38. VoipSwitch adalah untuk menerapkan beberapa jenis suara over internet
  39. Web Call adalah sebuah layanan pada panggilan berbasis web contohnya skype messanger dan aplikasi lainnya berbasis web.
selelah kita mengetahui penggetahuan tentang layanan-layanan voip masa kini maka selanjutnya saya akan menyebutkan Provider penyedia layanan voip di indonesia diantaranya adalah :
  1. VIPNET alamat Intiland Tower 15th Fl, Jl Jend Sudirman Kav 32 jakarta pusat menyediakan layanan diantaranya  Billing Software, Call Back, Call Relay VoIP Solutions, Call Routing VoIP Solutions, Call shop solution, Collaboration, Consultancy Services, Data Conferencing, E1 Bulk Wholeseller, E1/T1, Fax To Fax, Gatekeepering, gsm voip solutions, H.323 Softswitch & CPE, H.323 VoIP Gateway, H.323 Wireless/ GSM VoIP Solutions, Hosted PBX, Hosted VoIP, Installation and Support Services, IP devices, Marketing Services, Matrix, Outsourced Billing, Partnering for Origination and Termination, PC to Phone, Phone To PC, Phone To Phone, Polycom, Project Mangement Services, SIP Softswitch & CPE, Sip Trunking, SIP VoIP Gateway, System Integration, Termination, vFone, Virtual PBX, Voice and Video Conferencing, VoipSwitch, Web Call. tarifnya untuk penggunaan SIP VOIP Gateway yaitu Rp 2.700 per jam.
  2. PT Pentakom data Komunika alamat  Plaza Gani Djemat, Jl. Imam Bonjol 76-78 Jakarta Pusat menyediakan layanan hanya Sistem Integration dengan tarfi Rp 2.900 per menit.
  3. DNR Telecom alamatnya Jalan Damarsari I / 2 - Jati Padang - Pasar Minggu Jakarta Selatan menyediakan layanan hanya  Partnering for Origination and Termination dengan tarif 90.000 per menit.
  4. PT. Indonesia Comments Plus alamatnya JL Gatot Subroto Kav 18 Jakarta Selatan dengan menyediakan layanan diantaranya : PC to Phone, Phone To PC, Phone To Phone, Termination dan Tarifnya untuk PC to Phone Rp 1.150 per menit.
  5. Net2Phone alamat Jakarta menediakan layanan diantaranya : Call Relay VoIP Solutions, Call Routing VoIP Solutions, Consultancy Services, IP devices, Partnering for Origination and Termination, PC to Phone, Phone To PC, Phone To Phone, Termination dan Tarifnya untuk Call Relay Voip Solutions Rp 1.300 per menit.
  6. Commbicell alamat Jakarta Barat menyediakan layanan diantaranya H.323 Softswitch & CPE, H.323 VoIP Gateway, H.323 Wireless/ GSM VoIP Solutions, IP devices untuk tarifnya H.323 softswitch Rp 87 per menit.
  7. KTI Telco Khasanah Timur Indonesia. PT alamat Chaze Plaza 3rd Floor Jakarta menyediakan layanan hanya  H.323 VoIP Gateway dengan harga Rp 1.800.000 sampai 2.800.000
  8. PT. Karya Nokum Mandiri Jl. GAJAH MADA 3-5 BLOK C-18 Jakarta untuk layanannya diantaranya : Call Routing VoIP Solutions, PC to Phone, Termination, Web Call, Web To Phone untuk tarifnya Web Call Rp 250 per menit.
  9. Media BroadBand Asia alamatnya Graha Pena Building 10th suite 1004 Surabaya menyediakan layanan diantaranya : Billing Software, Call Relay VoIP Solutions, Call Routing VoIP Solutions, Consultancy Services, Installation and Support Services untuk tarifnya consultancy services Rp 20.000 per jam.
  10. PT. Data Komunika Solusi alamatnya wisma mampang Jakarta Selatan menyediakan layanan diantaranya : Billing Software, Call Routing VoIP Solutions, H.323 Softswitch & CPE, H.323 VoIP Gateway, Installation and Support Services, Partnering for Origination and Termination, Termination untuk tarifnya  Partnering for Origination and Termination Rp 10.000 per jam.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar