Jumat, 26 Oktober 2012

TEKNOLOGI INPUT/OUTPUT

TEKNOLOGI INPUT/OUTPUT


  1. DVORAK adalah jenis penempatan pada  tata letak papan ketik keyboard yang di patenkan oleh August Dvorak (seorang Profesor dan pisikolog pendidikan di University of Washington di seattle) dan William Dealey. Sumber  id.m.wikipedia.org/wiki/DvoraK. QWERTY adalah jenis penempatan atau tata letak pada keyboard pertama kali digunakan pada mesin tik buatan E. Remington pada tahun 1874. Dinamkan Q, W, E, R, T dan Y secara berurutan terletak di dalam baris huruf paling atas dari papan ketik ini ( jenis keyboard yang paling banyak digunakan pada masa sekarang ini). Sumber id.m.wikipedia.org/wiki/QWERTY
  2. OCR (Optical Character Recognition), metoda pembacaan data oleh scanner optic dan menterjemahkan data tersebut ke dalam bentuk data biner yang dapat dibaca. DMR (Digital Mark Reader) ialah aplikasi yang memungkinkan penggunaan scanner dokumen untuk pemeriksaan form ujian, kuesioner dan entri data dengan teknologi pengenalan tanda. DMR terdiri atas dua aplikasi: DMR Editor (untuk membuat LJK) dan DMR Extractor (untuk memproses LJK). Untuk memeriksa hasil ujian yang berbentuk pilihan ganda, pada tahun 2002/2003 departemen Teknik Informatika terus melakukan riset dan penelitian pengembangan DMR yang lebih inovatif sehingga menjadikan DMR sebagai pemimpin pasar dalam teknlogi pemeriksaan hasil ujian yang tepat dan akurat serta dengan harga yang terjangkau. , OpScan ialah perangkat scaner  yang sering di gunakan untuk pemeriksaan hasil ujian d sekolah-sekolah maupun untuk penerimaan mahasiswa baru. Hasil yang di dapatkan opscan dengan akurasi yang sangat tinggi menjadikan opscan sebagai perangkat yang populer di kalangan dunia pendidikan. Sumber kamus komputer dan istilah teknologi informasi penerbit informatika Bandung, www.digitalmarkerreader.com, google search (Opscan).
  3. OMR (Optical Mark Reader) ialah pembaca lembaran  kertas yang telah diberi tanda, tanda biasanya dilakukan dengan pensil yang ketebalannya cukup, misalnya pensil B2/2B. Kertas yang dipakai harus mempunyai kualitas tertentu, yaitu liat dan tidak mudah sobek, selain itu harus cukup halus supaya dapat melewati alat pembaca. Sumber kamus komputer  dan istilah teknologi informasi penerbit informatika Bandung.
  4. MICR (Magnetic Ink Recognition) ialah prinanti masukan dengan menggunakan prinsip megnitis, alat ini membaca tulisan yang ditulis dengan tinta khusus, yaitu tinta magnetis. Sumber kamus komputer  dan istilah teknologi informasi penerbit informatika Bandung.
  5. RFID ( Radio Frequency Identification) / Identifikasi Frekuensi Radio ialah sebuah metode identifikasi dengan menggunakan sarana yang disebut label RFID atau transponder untuk menyimpan dan mengambil data jarak jauh.
  6. ASR (Autmatic Send and Receive) ialah sebuah proses pengiriman data dari keyboard ke printer. Sumber kamus komputer  dan istilah teknologi informasi penerbit informatika Bandung.
  7. CCD (Charge Coupled Device)ialah suatu alat pencitraan untuk menkonvrensikan cahaya menjadi arus elektrik yang proporsional (analog). Sebuah CCD memiliki lapisan filter yang membagi spectrum warna menjadi warna merah, hijau, biru agar bisa diproses secara digital oleh kamera. Ada dua jenis CCD, yaitu rangkaian linier yang digunakan dalam scanner datar, alat pengcopy digital dan Scanner Grapic Arts; serta rangkaian datar yang dipakai dalam camcorders, kamera video tidak bergerak, kamera-kamera digital dan high performance. Sumber kamus komputer  dan istilah teknologi informasi penerbit informatika Bandung.
  8. CGA (Color  Grapich Adapter) ialah jenis moitor dengan resolusi rendah dan hanya mampu mengkombinasikan dari 4 bit (suatu bit mewakili satu warna dasar) dalam modus grafik. Jadi total warna kombinasi yang dihasilkan dan nilai empat bit tersebut adalah 16 warna. EGA (Enhanced Graphic Adapter) merupakan pembangkit grafik untuk monitor, yang diperkenalkan oleh IBM pada tahun 1984, sesaat setelah dikeluarkan system IBM AT. Dengan menggunakan EGA ini, IBM color monitor dapat menampilkan 16 warna dalam pixel berukuran 320x200 atau 640x200 dan seterusnya tergantung pada APA (All point addressable graphics). EGA ini tidak dilanjutkan lagi ketika PS/2 dikerluarkan pada bulan April 1987.  VGA (Video Graphic Adapter) istilah untuk menyebut monitor computer dan digital still camera. Kamera digital dengan resolusi 640x480 disebut VGA atau VGA-class, Kamera 640x480 memiliki aspek rasio 4 : 3 (1,3) yang sesuai dengan aspek rasio video NTSC. XGA (X Graphic Adapter) ialah kemampuan computer dalam format 1024x768 pixel dan memiliki aspek rasio 4 : 3 (1,3) yang cocok dengan aspek rasio video NTSC. Pada kamera digital, XGA adalah kamera yang bisa menangkap citra pada resolusi 1024x768 pixel. Kamera digital XGA juga disebut “800” pixel. SXGA (Super X Graphic Adapter) ialah klasifikasi resolusi 1280x960 ukuran yang umum untuk komputer, tetapi tidak umum dipakai kamera digital, memiliki aspek rasio  4 : 3 (1,3) yang sesuai dengan aspek rasio  bingkai video NTSC. EFS-1 paling medekati SXGA dengan resolusi 1280x980 dengan aspek rasio 5 : 4 (1,25). UXGA (Ultra X Graphic Adapter) yaitu klasifikasi resolusi yang umum, 1600x1200 sering dipakai setting monitor umum dan juga dipakai untuk kamera digital, memiliki rasio 4 : 3 (1,3) yang cocok dengan bingkai apek rasio video NTSC, 2 Mega Pixel. Sumber kamus komputer  dan istilah teknologi informasi penerbit informatika Bandung.
  9. Omnidirecional ialah jenis mikropon yang dapat merekam suara dari semua arah, Unidirectional ialah suatu jenis mikropon yang hanya menyerap suara dari satu arah dan tidak sensitive terhadap suara-suara tang ada di sekeliling lainnya, Noise Canceling ialah mikropon yang dapat menghilangkan gangguan suara pada latar belakang, Echo Canceling ialah mikropon yang dapat menghilangkan gema atau umpan balik yang muncul antara mikropon dengan pembicara. Sumber google search (Omnidirecional, Unidirectional, Noise Canceling, Echo Canceling)
  10. THX ialah nama dari high-fidelity audio / visual untuk reproduksi standar bioskop, kamar skrining, teater rumah, speaker komputer, konsol game, dan sistem audio mobil. THX saat ini diciptakan pada tahun 2001 ketika itu berputar off dari Lucasfilm Ltd THX dikembangkan oleh Tomlinson Holman di perusahaan George Lucas, Lucasfilm, pada tahun 1983 untuk memastikan bahwa soundtrack untuk film ketiga Wars Star, Star Wars Episode VI: Return of the Jedi, akan akurat direproduksi di tempat terbaik. THX bernama setelah Holman, dengan berdiri "X" untuk "crossover" [1] serta penghormatan kepada film pertama Lucas, THX 1138. Para crescendo khas digunakan dalam trailer THX, diciptakan oleh Holman itu rekan kerja James A.Mooler dikenal dengan “catatan jauh”. Sistem THX bukanlah teknologi rekaman, dan itu tidak menentukan format rekaman suara: ". Ditampilkan dalam THX" semua format suara, apakah digital (Dolby Digital, SDDS) atau analog (Dolby Stereo, Ultra-Stereo), dapat THX terutama sistem jaminan kualitas. THX bersertifikat teater menyediakan berkualitas tinggi, lingkungan pemutaran diprediksi untuk memastikan bahwa setiap soundtrack film dicampur dalam THX akan terdengar sedekat mungkin dengan niat insinyur pencampuran. THX juga menyediakan teater bersertifikat dengan sirkuit crossover yang khusus yang penggunaannya bagian dari standar. Sertifikasi auditorium memerlukan akustik yang spesifik dan persyaratan teknis lainnya; persyaratan arsitektur termasuk lantai mengambang, dinding bingung dan akustik diobati, tidak ada dinding paralel (untuk mengurangi gelombang berdiri), layar berlubang (untuk memungkinkan kontinuitas saluran pusat), dan NC30 rating untuk kebisingan latar belakang. Sumber http://en.wikipedia.org/wiki/THX , DDS (Digital Data Storage) adalah format untuk menyimpan komputer data yang pada Digital Audio Tape (DAT). DDS menggunakan pita dengan lebar 3.8mm, dengan pengecualian format terbaru, DAT 160 dan DAT 320, yang 8mm lebar. Awalnya, rekaman itu 60 atau 90 meter panjang, meskipun kemajuan dalam teknologi material telah memungkinkan panjang akan meningkat secara signifikan dalam versi yang berurutan. Sebuah tape drive DDS menggunakan pemindaian heliks untuk merekam, proses yang sama digunakan oleh perekam kaset video (VCR). Jika kesalahan yang hadir, menulis kepala menulis ulang data Tape drive harus dibersihkan secara teratur untuk disimpan dalam keadaan baik. Kompatibilitas antara drive baru dan kaset tua tidak terjamin. Lihat matriks kompatibilitas HP: Matrix Kompatibilitas Perhatikan dalam artikel HP yang standar rekaman baru tidak hanya terdiri dari kaset lagi. Sebagai contoh, trek sempit di DDS2 daripada di DDS1. Format DDS terutama bersaing melawan LTO , AIT , VXA ,dan Travan format.                                                                                                  Sumber http://en.wikipedia.org/wiki/Digital_Data_Storage , Dts (Digital Theater Systems)/ system suara ialah serangkaian multichannel audio teknologi yang dimiliki oleh DTS, Inc ( NASDAQ : DTSi , sebelumnya dikenal sebagai Digital Theater Systems, Inc), sebuah perusahaan Amerika yang mengkhususkan diri dalam digital surround format yang digunakan untuk kedua aplikasi kelas komersial / teater dan konsumen. Ini dikenal sebagai The Digital Pengalaman sampai 1995. Sumber http://en.wikipedia.org/wiki/DTS_(sound_system).
  11. Pasive Matrix ialah menangani skema pengalamatan yang digunakan di awal LCD display, dan dapat digunakan dalam display LCD masa depan. Ini adalah matriks skema pengalamatan yang berarti bahwa hanya m + n sinyal kontrol yang diperlukan untuk mengatasi m × n layar. Sebuah piksel dalam matriks pasif harus mempertahankan negara tanpa sirkuit mengemudi aktif sampai dapat disegarkan kembali. Sebuah teknologi layar baru menggunakan pixel bi-stabil, yang mempertahankan negara nya tanpa batas tanpa perlu untuk elemen transistor individu pada setiap pixel. sumber http://en.wikipedia.org/wiki/Passive_matrix_addressing. , Active Matrix adalah jenis skema pengalamatan yang digunakan dalam display panel datar . Istilah ini menggambarkan sebuah metode switching elemen individual sebuah panel layar datar , menggunakan CdSe atau Siliconberbasis thin-film transistor (TFT) untuk setiap pixel . Teknologi ini diciptakan dan pertama kali ditunjukkan oleh Peter T Brody dan Thin-Film nya Perangkat departemen di Westinghouse Electric Corporation pada tahun 1968, dan istilah ini diperkenalkan ke literatur pada tahun 1975.  Sumber http://en.wikipedia.org/wiki/Active_matrix
  12. Dotmatrix ialah matrix titik. Suatu teknologi pencetakan yang menggunakan titik sebagai pembentuk citra. Bubblejet ialah suatu jenis printer dari Canon yang teknologi gelembung pada pencetakan menggunakan metode gelembung di printer , Deskjet ialah sebuah nama merek untuk printer inkjet dimana printer inimenggunakan kartrid cetak swappable yang disimpan di dalam printer agar tidak mengering, Impact ialah metode pencetakan dengan menggunakan palu kecil, yang menghantam suatu roda yang dapet digerakan atau sebuah silinder, yang mempunyai huruf timbul dan diberi karbon yang mengantam kertas. Ink-jet ialah alternative printer selain printer laser. Printer ini murah, text serta citra dicetak dengan titik-titik tinta yang disemburkan. Printer ink-jet berwarna bisa dipakai untuk berbagai ukuran media cetak dan resolusi output yang berbeda-beda. Laser (Light Amplification from Stimulatated Emission of Radiation) ialah sinar ini mempunyai sifat koheren, yaitu mempunyai satu frekuensi dan fase, yang dapat difokuskan seteliti mungkin. Sifat ini berlawanan dengan sinar biasa. Karena sifatnya itulah maka sinar laser dapat mencapai tujuannya dengan tepat. Kekuatan sinar laser ini diatur sesuai keperluannya. Pencetak ini penulisannya menggunakan sinar laser, sehingga kecepatan kerjanya cukup tinggi, dapat mencapai 10.000 cps, sekaligus dengan resolusi yang cukup halus. Sumber kamus komputer  dan istilah teknologi informasi penerbit informatika Bandung.
  13. LCD (Liquid Crystal Display) ialah teknologi digital monitor yang menggunakan cairan, suatu panel datar yang terdiri dari sel-sel kecil yang digunakan untuk komputer notebook, laptop dan kamera-kamera digital untuk menampilkan informasi citra. EL (Electroluminescence) suatu fenomena optik dan fenomena listrik di mana material memancarkan cahaya dalam menanggapi bagian dari sebuaharus listrik atau kuat medan listrik . Ini berbeda dari tubuh hitam emisi cahaya yang dihasilkan dari panas ( lampu pijar ), dari reaksi kimia (chemiluminescence ), suara ( sonoluminescence ), atau tindakan mekanis lainnya ( mechanoluminescence). http://en.wikipedia.org/wiki/Electroluminescence, Plasma ialah teknologi Tampilan plasma adalah sebuah tampilan layar datar emisif di mana cahaya dihasilkan oleh phosphor yang tereksitasi oleh sebuah pelepasan muatan plasma antara dua layar datar gelas. Gas yang dilepas muatannya tidak mengandung merkuri tetapi menggunakan sebuah campuran gas mulia (neon dan xenon). Campuran gas ini sulit bereaksi dan sama sekali tidak berbahaya. Kemudian cara kerja dari monitor plasma gas yaitu dengan menggunakan cahaya yang dipancarkan dari pelepasan Plasma. Untuk menghasilkan hal tersebut di lakukan penyekatan dari sebuah pencampuran gas diantara dua lembar kaca yang membawa elektroda pada interiornya. Selanjutnya diaplikasikan fosfor R,G dan B pada permukaan plat tadi ketika voltase listrik dilewatkan diantara elektroda, maka dihasilkan sinar ultraviolet yang merangsang fosfor untuk memancarkan cahaya dan menciptakan gambar di layar. Sumber http://a-s-a-t.blogspot.com/2011/01/cara-kerja-monitor-plasma-gas.html , CRT (Chatode Ray Tube) ialah tabung sinar katode (layar monitor) difokuskan sinar electron sehingga membentuk pola gambar berwarna dan dipakai sebagai layar pada video player. Sumber kamus komputer  dan istilah teknologi informasi penerbit informatika Bandung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar