Jumat, 26 Oktober 2012

TEKNOLOGI PORT I/O

  1. COM ialah port di komputer yang mentransfer data secara serial, disebut juga serial port. Sumber kamus komputer  dan istilah teknologi informasi penerbit informatika Bandung.
  2. Pararel ialah susunan sejajar, kabel yang terdiri dari beberapa jalur, beberapa data yang dikirmkan sekaligus melalui jalur yang berbeda ke tempat yang sama.  Sumber kamus komputer  dan istilah teknologi informasi penerbit informatika Bandung.
  3. USB (Universal Seriel Bus) ialah berupa kabel yang memungkinkan koneksi sampai 127 piranti secara sambung menyambung dengan kecepatan transfer data 12 megabit/detik untuk USB 1.0 dan 480 megabit/detik untuk USB 2.0. Sumber kamus komputer  dan istilah teknologi informasi penerbit informatika Bandung.
  4. SCSI (Small Computer System Interface) / interface sistem komputer kecil ialah suatu perlengkapan peripheral untuk menghubungkan peralatan-peralatan ke PC atau MAC. SCSI lebih poluler digunakan pada komputer MAC dan tidak terlalu populer bagi komputer PC. SCSI umumnya dipakai untuk zip drive, scanner berkinerja tinggi, CD burner dan perlengkapan-perlengkapan lain yang memakai bandwidth data tinggi. Sumber kamus komputer  dan istilah teknologi informasi penerbit informatika Bandung.
  5. Infrared ialah radiasi elektromagnetik dari panjang gelombang lebih panjang dari cahaya tampak, tetapi lebih pendek dari radiasigelombang radio. Namanya berarti "bawah merah" (dari bahasa Latin infra, "bawah"), merah merupakan warna dari cahaya tampak dengan gelombang terpanjang. Radiasi inframerah memiliki jangkauan tiga "order" dan memiliki panjang gelombang antara 700  nm dan 1 mm. http://id.wikipedia.org/wiki/Inframerah
  6. Serial ialah seri, bersambung dan berkelanjutan. System pengiriman data digital, dimana beberapa bit data dikirim sekaligus pada satu saat dengan menggunakan satu jalur. Sumber kamus komputer  dan istilah teknologi informasi penerbit informatika Bandung.
  7. HDMI (High-Definition Multimedia Interface) ialah salah satu antarmuka (interface) peralatan audio/video digital tanpa kompresi yang didukung oleh industri. HDMI menyediakan antarmuka antara beberapa sumber audio/video digital yang cocok, saperti set-top box, pemutar DVD atau penerima AV serta audio digital dan/atau monitor video yang cocok, saperti televisi digital (DTV). HDMI mendukung video standar, yang lebih tinggi, ataupun definisi tinggi, ditambah dengan audio digital multi kanal pada kabel tunggal. Sumber http://id.wikipedia.org/wiki/HDMI
  8. 1394 (IEEE 1394) interface antarmuka serial bus standar untuk komunikasi berkecepatan tinggi dan isochronous real-time transfer data, sering digunakan oleh komputer pribadi, serta audio digital, video digital, otomotif, dan aplikasi aeronautika. Antarmuka ini juga dikenal dengan nama merek FireWire (Apple), i.LINK (Sony), dan Lynx (Texas Instruments). IEEE 1394 paralel diganti SCSI di banyak aplikasi, karena biaya implementasi yang lebih rendah dan sistem, kabel disederhanakan lebih mudah beradaptasi. Standar 1394 juga mendefinisikan antarmuka backplane, meskipun hal ini tidak seperti yang banyak digunakan. IEEE 1394 adalah High-Definition Audio-Video Network Alliance (HANA) antarmuka koneksi standar untuk A / V (audio / visual) komponen komunikasi dan kontrol. Sumber http://en.wikipedia.org/wiki/IEEE_1394

Tidak ada komentar:

Posting Komentar