Jumat, 26 Oktober 2012

TEKNOLOGI PROSSESOR



TEKNOLOGI PROSESSOR
1.      SSE (Streaming SIMD Extensions) ialah instruksi SIMD set ekstensi untuk arsitektur x86, yang dirancang oleh Intel dan diperkenalkan pada tahun 1999. Instruksi SIMD dapat sangat meningkatkan kinerja tepatnya operasi yang sama harus dilakukan pada beberapa objek data. Aplikasi yang umum adalah pemrosesan sinyal digital dan pengolahan grafis. SSE2, Streaming SIMD Extensions 2, adalah salah satu dari SIMD Intel (Instruksi Single, dataBerganda) prosesor instruksi tambahan set pertama diperkenalkan oleh Intel dengan versi awalPentium 4 pada tahun 2001. SSE3 ialah perubahan dari SSE2 dan mempunyai  13 instruksi lebih banyak dari pada SSE2.
2.      3DNow ialah Professional merupakan set instruksi yang memperluas dukungan multimedia yang terdapat dalam chip-chip buatan AMD yang melebihi MMX (set intruksi dari intel). Hal ini mengizinkan kinerja yang lebih baik dalam memproses grafik tiga dimensi,multimedia, dan aplikasi yang bersifat intensif terhadap floating-point.
3.      Nxbit ialah teknologi yang digunakan dalam CPU untuk memisahkan daerah memoriuntuk digunakan dengan baik penyimpanan instruksi prosesor (atau kode) atau untuk penyimpanandata-data.
4.      PowerNow! ialah teknologi dari AMD yang berfungsi untuk mengurangi kecepatan kierja processor untuk menghemat energi. Penurunan kecepatan kerja prosesor ini terjadi ketika dalam kondisi idle atau loading load kecil.Selain itu, umur processor juga akan meningkat karena berkurangnya proses electro migration (pemanasan CPU/Processor) yang bervariasi secara eksponen berdasar temperatur (suhu)
5.      Cool’n’Quiet  ialah teknologi yang digunakan oleh AMD untuk mengurangai kecepatan kerja prosesor dalam upaya untuk menghemat energi (power) listrik. Teknologi ini biasanya diterapkan pada prosesor desktop. Oleh AMD, diaplikasikan pertama kali pada prosesor keluarga Athlon 64.
6.      Hyper-Threading ialah teknologi yang berasal dari intel. teknologi ini berfungsiuntuk meningkatkan kinerja prosesor.  Tetapi dengan cara memberikan perintah pada software untuk membelah diri menjadi beberapa thread.Sehingga sumber daya prosesor menjadi lebih efisien.
7.      Dual-Core ialah Sebuah prosesor dual-core adalah CPU dengan dua prosesor atau dua kali operasi. Setiap prosesor memiliki cache sendiri dan controller, yang memungkinkan untuk bekerja secara efisien sebagai prosesor tunggal. Namun, karena dua prosesor dihubungkan bersama-sama, mereka dapat melakukan operasi hingga dua kali secepat prosesor tunggal .
8.      SpeedStep ialah teknologi yang memungkinkan sebuah prosesor dapat diubah clock speed-nya menjadi lebih rendah dari clock speed aslinya. Pengubahan besarnya clock speed ini bisa dilakukan dengan menggunakan software. Teknoligi ini merupakan teknologi dari intel namun tidak semua produk intel memliki teknologi ini.
9.      Hyper Transport ialah saluran komunikasi dua arah (bidirectional) . artinya bila kita mengiri sesuatu bisa melewati 2 jalur dan datanya pun 2 kali lebih cepat.
10.  MMX ialah mikroprosesor Pentium dari Intel yang dirancang untuk berjalan lebih cepatketika bermain aplikasi multimedia. Sumber www.google.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar